Cara Membuat Blog

Teori Pembentukan Jagat Raya Menurut Para Tokoh

Advertisement

Rempelok - Teori pembentukan jagat raya memang banyak sekali, para pengamat astronomi tentu saja membuat analisa mereka sendiri tentang bagaimana tata surya ini terbuat. Nah materi ini juga dipelajari oleh SMA para jurusan IPS dalam pelajaran Geografi. Tentu saja ini adalah salah satu materi pokok yang harus dipelajari dan dimengerti karena sangat penting dan bisa juga masuk dalam Ujian Nasional.

Teori pembentukan jagat raya menurut para tokoh

Tapi paling tidak pada saat Ujian Sekolah juga keluar beberapa. Maka dari itu anda harus mengetahui seluk beluk para tokoh astronomi dengan teori pembentukan jagat raya yang mereka kembangkan. Ini juga termasuk ringkasan materi untuk anda yang sedang mempelajari geografi untuk mempermudah anda dalam belajar.

Untuk itu mari kita simak beberapa ringkasan teori pembentukan jagat raya menurut para tokoh dunia. Syukur anda juga bisa mengembangkan teori ini nantinya selain mempelajari hortatory exposition.
Teori pembentukan jagat raya menurut para tokoh dunia ahli stronomi pusat terbentuknya alam semesta ringkasan materi SMA geografi jurusan IPS

Teori pembentukan jagat raya dengan ringkasan materi lengkap

A. Terbentuknya Tata Surya
1. Teori kabut: Immanuel Kant
Pada awalnya terdapat gumpalan kabut yang lama-lama di bagian tengahnya membentuk gumpalan gas yang kemudian membentuk matahari dan planet lainnya.

2. Teori planetesimal: Thomas Chamberlin
Matahari telah ada pada awalnya, kemudian ada bintang yang mendekat dan terjadilah penarikan massa matahari oleh bintang tersebut. Massa matahari yang terhambur inilah yang nantinya membentuk planet.

3. Teori pasang surut: Jeans dan Jefreys
Hampir sama dengan teori planetesimal, bedanya massa matahari yang tertarik bintang membentuk tonjolan dan membeku yang nantinya menjadi planet.

4. Teori awan debu: Weizsaeker dan Kniper
Tata surya berasal dari gumpalan gas dan debu yang membentuk cakram di bagian tengah dan tipis di pinggirnya. Bagian tengah membentuk matahari (karena menekan sehingga panas dan pijar) sedangkan pinggirnya membentuk planet (karena berputar dengan cepat).

5. Teori nebula: Laplace
Tata surya berasal dari gumpalan gas yang bersuhu tinggi dan berputar sangat cepat yang menyebabkan sebagian darinya terlempar dan membeku membentuk planet.
B. Pusat Tata Surya
1. Teori geosentris: Ptolomeus
Semua benda angkasa termasuk matahari beredar mengelilingi bumi sebagai pusat tata surya/porosnya.

2. Teori heliosentris: Copernicus
Matahari merupakan pusat tata surya dan planet-planet mengelilingi matahari.

3. Hukum Kepler
  1. Hukum Kepler I: semua planet beredar me-ngelilingi matahari dengan lintasan berbentuk elips dan matahari berada di salah satu titik apinya.
  2. Hukum Kepler II: dalam periode yang sama, garis hubung antara matahari dengan planet membentuk bidang-bidang yang sama luas-nya.
  3. Hukum Kepler III: pangkat dua periode sebuah planet mengelilingi matahari, berbanding lurus dengan pangkat tiga jarak rata-rata ke matahari.
Semoga dengan materi ini anda lebih mudah dalam mempelajari pembentukan jagat raya walau dengan ringkasan materi teori pembentukan jagat raya beserta teori pusat tata surya.

Keyword: rangkuman materi geografi sma, ringkasan geografi sma, ringkasan materi geografi, teori awan debu, materi geografi jagat raya, materi geografi tentang jagat raya, materi jagad raya, pembentukan jagat raya, ringkasan materi geografi biosfer, soal geografi tentang jagad raya
Advertisement
Artikel Menarik Lainnya
Rempelok Blog - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger.